Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) bahan ajar materi polimer pada buku yang digunakan di SMA/MA memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP); 2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria BSNP; 3) implementasi model pembelajaran berbasis lingkungan yang didukung modul yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa; 4) hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan terintegrasi modul lebih besar dari harga KKM. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 13 Medan. Populasi yaitu seluruh siswa kelas XI MIA yang terdiri dari 10 (sepuluh) kelas. Sampel ditetapkan dengan cluster random sampling dengan mengambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian menunjukkan : (1) bahan ajar pada materi polimer pada buku yang digunakan di SMA/MA sudah memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP); (2) modul yang dikembangkan memenuhi kriteria Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), dengan pengolahan data yang diperoleh : kelayakan isi = 3,41; kelayakan bahasa = 3,4; kelayakan penyajian = 3,55; kelayakan kegrafikaan = 3,36 dengan kriteria valid dan tidak perlu revisi; (3) implemetasi model pembelajaran berbasis karakter peduli lingkungan yang didukung bahan ajar yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi polimer; (4) dari penelitian yang telah dilakukan dan berdasarkan pengolahan data yang ada, maka didapat hasil belajar kimia menggunakan pembelajaran berbasis lingkungan terintegrasi modul lebih besar dari harga KKM.