ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XII PADA TOPIK METABOLISME TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku guru dan buku siswa Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XII Topik Metabolisme T.P 2016/2017. Sampel penelitian ini adalah buku guru dan buku siswa Biologi untuk SMA Kelas XII Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam penerbit Yrama Widya yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Buku tersebut dinilai oleh peneliti sendiri dan 3 orang guru selaku praktisi. Instrumen penelitian menggunakan lembar penilaian melalui teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian aspek isi buku guru dan buku siswa sebesar 72,8% (penilaian para guru) dan 75% (penilaian peneliti), sehingga dapat dikategorikan Baik. Kesesuaian aspek penyajian pembelajaran buku guru dan buku siswa sebesar 90,3% (penilaian para guru) dan 82,1% (penilaian peneliti) dan dikategorikan Sangat Baik. Kesesuaian aspek evaluasi buku guru dan buku siswa sebesar 94,1% (penilaian para guru) dan 91,6% (penilaian peneliti) dan dikategorikan Sangat Baik. Dari ketiga aspek tersebut dapat diketahui bahwasanya kesesuaian buku guru dan buku siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 83,3% (penilaian para guru) dan 79,8% (penilaian peneliti). Sehingga dapat dikatakan buku guru dan buku siswa tersebut sesuai dalam aspek isi, penyajian pembelajaran, dan evaluasi.