PERBEDAAN HASIL BELAJAR BERPIKIR TINGKAT TINGGI BIOLOGI SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DENGAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI EKOLOGI DI KELAS X MIA SMA N 1 PANCUR BATU T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dan Problem Based Learning (PBL) pada materi Ekologi yang dilakukan di kelas X MIA SMA N 1 Pancur Batu Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA N 1 Pancur Batu yang terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil secara acak dan diperoleh sampel untuk kelas GI (X MIA 4) sebanyak 33 orang dan untuk kelas PBL (X MIA 1) sebanyak 36 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 30 soal yang sudah divalidkan terlebih dahulu. Hasil analisis data menunjukan pretes kelas GI ( 50,69 ) dan pretes kelas PBL ( 46,67 ). Lalu hasil postes kelas GI ( 80,27 ) dan postes kelas PBL (73,19 ). Setelah dilakukan perbedaan hasil belajar kelas GI dengan PBL dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif GI dan PBL, dimana pembelajaran GI lebih baik digunakan pada materi pokok Ekologi di kelas X MIA SMA N 1 Pancur Batu T.P 2016/2017