EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MIA PADA MATERI FUNGI DI MAN LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray pada materi pokok fungi dikelas X MIA MAN Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dan dilakukan di kelas X MIA MAN Lubuk Pakam, rancangan/desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group design. Sampel berjumlah 72 orang siswa yang pengambilannya berdasarkan random sampling. Instrumen yang yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal dan lembar observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray pada materi fungi meningkatkan penguasaan siswa yaitu ≥75% materi pelajaran, tingkat ketuntasan belajar klasikal sebesar 91,67% dengan kategori sangat tinggi, dan ketercapaian seluruh indikator telah terpenuhi 100%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari pertemuan pertama, pertemuan kedua, hingga pertemuan ketiga. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dikategorikan efektif dalam pembelajaran fungi di kelas X MIA MAN Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran. 2016/2017.