PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN EKSPOSITORI MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL KELAS XI IPA SMA N 1 BINJAI T.P 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dan Ekspositori pada materi Struktur dan Fungsi Sel di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Binjai Kabupaten Langkat Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dan rancangan penelitian yang digunakan adalah “Only Post-Tes Group Design ”. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI IPA. Sampel penelitian diambil secara random sampling (sampel acak) yang berjumlah 68 orang yang terdiri dari 2 kelas. Kelas XI IPA3 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dan kelas XI IPA4 diajar menggunakan model pembelajaraan kooperatif Ekspositori . Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 25 soal yang terlebih dahulu sudah divalidkan. Hasil analisis data menunjukkan pretes kelas NHT (53,23) dan pretes kelas Ekspositori (51,64). Lalu hasil postes kelas NHT (76,58) dan hasil postes kelas Ekspositori (76,00). Setelah dilakukan perbedaan hasil kelas NHT dan Ekspositori dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran koopertaif NHT dan Ekspositori, dimana pembelajaran NHT lebih baik digunakan pada materi pokok Struktur dan Fungsi Sel di kelas XI IPA SMA N 1 Binjai T.P 2017/2018.