PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN STAD PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI IPA SMA AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan STAD pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA SMA Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI-IPA SMA Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018, sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI-IPA 1 dan XI-IPA 2 yang diambil secara total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan STAD pada materi pokok struktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI IPA SMA Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 (P= 0,045 < 0,05). Dimana, hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw yaitu