Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Swasta Katolik Tri Sakti Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel ditentukan dengan menggunakan sempel total, yaitu 121 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional, dengan angket (kuesioner) sebanyak 30 butir angket kecerdasan emosional dan 30 butir angket minat belajar dan nilai ujian mid semester ganjil biologi siswa sebagai data penelitian hasil belajar. Dari hasil uji persyaratan data diketahui bahwa hubungan kecerdasan emosional dan minat belajar dengan hasil belajar biologi siswa terdapat hubungan positif dan signifikan yang dihitung dengan uji koefisien determinasi, diperoleh (r = 0,609) dengan persentase kontribusi sebesar 37,1% untuk kecerdasan emosional, (r = 0,595) dengan persentase kontribusi sebesar 35,4% untuk minat belajar, dan (r = 0,460) dengan persentase kontribusi sebesar 21,1% untuk kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap hasil belajar biologi siswa.