Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD biologi berbasis pendekatan ilmiah materi pokok virus. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Sasaran uji coba dalam penelitian ini adalah siswa X SMA Negeri 20 Medan tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar angket. Analisis data meggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Pengembangan LKPD biologi berbasis pendekatan ilmiah dilakukan menggunakan model 4-D yaitu melalui tahap pendefenisian, perancangan, dan pengembangan, dan penyebaran. Akan tetapi penelitian ini dibatasi pada tahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis pendekatan ilmiah berdasarkan penilaian ahli konstruksi diperoleh 88%, penilaian ahli materi diperoleh 89% masing-masing dikategorikan sangat baik, penilaian guru 86% dengan kriteria sangat baik, sedangkan hasil uji kelompok kecil diperoleh skor 95% dengan kriteria sangat baik. LKPD biologi materi pokok virus berbasis pendekatan ilmiah yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat baik dan telah memenuhi persyaratan kelayakan untuk digunakan sebagai media pembelajaran biologi