PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DAN MEDIA POWER POINT PADA SUB MATERI POKOK KULTUR JARINGAN DI KELAS XI MIA MAN 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran Video Pembelajaran dan Power Point pada Sub Materi Pokok Kultur Jaringan di kelas XI MIA MAN 3 Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan Quasi experiment (eksperimen semu). Sampel penelitian di ambil secara Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA-1 yang berjumlah 40 siswa dijadikan sebagai kelas dengan menggunakan Media Power Point dan kelas XI MIA-3 yang berjumlah 40 siswa dijadikan sebagai kelas dengan menggunakan Media Video Pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal yang telah di validasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan Media Video Pembelajaran adalah sebesar 81,63 dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Media Power Point sebesar 73,00. Adanya perbedaan hasil belajarpada kedua kelas tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thitung>ttabel (4,195> 1,994), yang berarti dalam penelitian ini Ha diterima sementara H0 di tolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Media Video Pembelajaran dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan Media Power Point pada Sub Materi Pokok Kultur Jaringan di kelas XI MIA MAN 3 Medan tahun pembelajaran 2017/2018.