Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Media Video Pembelajaran dan Media Gambar pada sub materi Kultur Jaringan di kelas XI MIPA MAN 2 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan Quasi experiment (eksperimen semu). Sampel penelitian di ambil secara random sampling (sampel acak). Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 41 orang sebagai Kelas Eksperimen I dan kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 40 orang sebagai kelas Eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal yang telah di validasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media video pembelajaran adalah 84,87 lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media powerpoint/grafis yaitu 78,25. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05 menunjukkan thitung>ttabel (3,431 > 1,993), yang berarti dalam penelitian ini H0 di tolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Media Video Pembelajaran dan Media Gambar pada sub materi Kultur Jaringan di kelas XI MIPA MAN 2 Tanjung Pura tahun pembelajaran 2017/2018.