Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara percaya diri siswa dengan prestasi belajar pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Berastagi tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 berastagi tahun 2017, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 164 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 98 orang. Tenik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskripsi kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : ada hubungan yang positif antara percaya diri siswa dengan prestasi belajar geografi kelas X IPS SMA Negeri 1 Berastagi Tahun Pelajaran 2016/2017. Dari perhitungan kofisien determinasi sebesar 0,402, menunjukkan konstribusi yang diberikan oleh variabel percaya diri (X) terhadap prestasi belajar geografi (Y) adalah sebesar 17,64%. Hal ini memberikan gambaran bahwa ada sebesar 17,64% variasi prestasi belajar siswa yang dapat dijelaskan oleh percaya diri siswa, sedangkan sisanya 82,36% ditentukan oleh faktor lain. Dari hasil uji statistik diperoleh persamaan regresi antara percaya diri dengan prestasi belajar geografi adalah Y= 74,16 – 0,13X1 + 0,34X2 + 0,36X3+ 0,09X4 - 0,04X5. Dari persamaan itu berarti prestasi belajar geografi akan meningkat, bila kepercyaan diri siswa meningkat, dan sebaliknya prestasi belajar geografi akan mengalami penurunan bila kepercayaan diri siswa turun. Dengan demikian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa maka dapat dilakukan dengan meningkatkan percaya diri siswa.