HUBUNGAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 1 PAHAE JAE TAHUN AJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keterampilan dasar mengajar guru geografi pada materi biosfer di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pahae Jae. (2) hasil belajar geografi pada materi biosfer di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pahae Jae. (3) hubungan yang signifikan antara keterampilan dasar mengajar guru dengan hasil belajar geografi pada materi biosfer siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pahae Jae T.P 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pahae Jae pada tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pahae Jae yang berjumlah 70 siswa. Dan populasi dijadikan sekaligus sampel (total sampling). Tehnik pengumpulan data yang digunakan yakni komunikasi tidak langsung, kemudian dianalisis dengan deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterampilan dasar mengajar guru geografi pada materi biosfer di SMA Negeri 1 Pahae Jae termasuk kategori baik, hal ini ditunjukkan dari rata-rata yakni 2,88. (2) Hasil belajar geografi pada materi biosfer 34,28% siswa memiliki nilai dalam kategori baik (76-84). 32,85% siswa dalam kategori cukup(67-75). 20% siswa dalam kategori sangat baik (85- 95) dan 12,85% dalam kategori kurang (58-66). (3)Hubungan antara keterampilan dan hasil belajar geografi pada materi biosfer siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pahae Jae sangat signifikan. Hal ini dibuktikan dari uji âtâ diperoleh yakni thitung =10,32 sedangkan t(0.05:68)=1,995, maka thitung > ttabel=(10,32 > 1,995 ), pada taraf signifikan 95% atau alpha 5%.