Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui gambaran implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Tigalingga. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tigalingga tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru Geografi yang ada di SMA Negeri 1 Tigalingga dan sekaligus ditetapkan sebagai sampel yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan teknik komunikasi langsung melalui observasi dan wawancara, kemudian data dianalisis dengan teknik deskriptif. Implementasi pendidikan karakter dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Tigalingga telah mengintegrasikan 7 nilai karakter yaitu: (1) Jujur (2) Toleransi (3) Disiplin (4) Kerja Keras (5) Bersahabat/Komunikatif (6) Rasa Ingin Tahu dan (7) Tanggung Jawab. Sedangkan, pada pelaksanaan pembelajaran telah mengintegrasikan 13 nilai karakter yaitu: (1) Religus (2) Jujur (3) Toleransi (4) Disiplin (5) Kerja Keras (6) Mandiri (7) Demokratis (8) Rasa Ingin Tahu (9) Menghargai Prestasi (10) Bersahabat/Komunikatif (11) Gemar Membaca (12) Peduli Lingkungan (13) Tanggung Jawab. Namun, pada evaluasi pembelajaran hanya mengintegrasikan pengamatan karakter siswa secara terus-menerus tanpa menggunakan alat evaluasi dan format evaluasi dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).