Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi hidrologi di kelas X IS-2 SMA Negeri 12 Medan tahun ajaran 2016/2017. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hidrologi di kelas X IS-2 SMA Negeri 12 Medan tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Medan tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian adalah kelas X IS-2 SMA Negeri 12 Medan yang berjumlah 37 orang dengan objek penelitian peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi hidrosfer melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di kelas X IS-2 SMA Negeri 12 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes tertulis, dan lembar kerja siswa. Kemudian data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi hidrosfer di kelas X IS-2 SMA Negeri 12 Medan T.A. 2016/2017. Hal ini ditunjukkan pada siklus I aktivitas belajar siswa 69.13% dengan rata-rata 2.07 kategori baik (2.01 – 3.00) meningkat menjadi 77.4% dengan rata-rata 2.32 kategori baik (2.01 – 3.00) di siklus II. Dengan demikian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar sebesar 8.27% dengan rata-rata 0.25. (2) Ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 13.4% dari 75.7% pada siklus I menjadi 89.1% pada siklus II dengan peningkatan sikap siswa sebesar 13.26% dari 61.64% pada siklus I menjadi 74.90% pada siklus II dan peningkatan keterampilan siswa sebesar 14.06% dari 58.16% pada siklus I menjadi 72.22% pada siklus II.