Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Memperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif yang dikembangkan berbasis PMR, (2) Mengetahui apakah perangkat pembelajaran yang dikembangkan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Thiagarajan, Semmel , yaitu model 4-D. Subjek pada uji keterbacaan adalah siswa kelas IXA. Subjek pada uji lapangan adalah siswa kelas 〖VIII〗_A. Data dikumpulkan menggunakan 4 jenis instrumen yaitu lembar validitas, lembar observasi, angket dan tes. Hasil penelitian diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis efektif. (1) Rata-rata total validitas ditunjukkan oleh 5 orang validator, untuk RPP: 4,39, LAS: 4,43, buku Siswa: 4,56; buku guru: 4,3, tes hasil belajar: valid, hasil validasi ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan (2) Kepraktisan dilihat dari uji coba keterbacaan dengan hasil sudah memenuhi kriteria kepraktisan yaitu: lembar observasi keterlaksanaan perangkat 3,49; Respon siswa dan respon guru terhadap perangkat pembelajaran masing-masing 3,06 dan 3,27 (3) Efektivitas dilihat dari uji coba lapangan sudah memenuhi kriteria keefektifan yaitu ketuntasan belajar klasikal 88,89 , 90% siswa memberikan respon positif dan waktu pembelajaran tidak berbeda jauh dengan pembelajaran biasa . Pada uji coba lapangan terjadi peningkatan pemahaman konsep matematis siswa. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan.