PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE DAN THINK-TALK-WRITE BERBANTUAN GEOGEBRA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) berbantuan Geogebra dengan siswa yang memperoleh pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) berbantuan Geogebra, (2) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Think-Pair-Share berbantuan Geogebra dengan siswa yang memperoleh pembelajaran Think-Talk-Write berbantuan Geogebra, (3) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemahaman konsep setelah mendapat pembelajaran Think-Pair-Share berbantuan Geogebra dan Think-Talk-Write berbantuan Geogebra, (4) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi pada pembelajaran Think-Pair-Share dengan Bantuan Geogebra dan pembelajaran Think-Talk-Write dengan Bantuan Geogebra. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negri 2 Pandan Nauli. Analisis data kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematik dilakukan dengan analisis kovarians (ANAKOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman Konsep matematis siswa yang diberi pembelajaran Think-Pair-Share berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran Think-Talk-Write berbantuan Geogebra (2) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi pembelajaran Think-Pair-Share berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran Think-Talk-Write berbantuan Geogebra (3) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep yang mendapatkan pembelajaran Think-Pair-Share berbantuan Geogebra lebih baik dibandingkan proses penyelesaian jawaban siswa yang mendapatkan pembelajaran Think-Talk-Write berbantuan Geogebra. (4) Proses jawaban siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi yang mendapatkan pembelajaran Think-Pair-Share berbantuan Geogebra lebih baik dibandingkan proses penyelesaian jawaban siswa yang mendapatkan Think-Talk-Write berbantuan Geogebra.