PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI SMP NEGERI 1 KOTAPINANG
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah, (4) interaksi antara pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kotapinang dan sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak, dua kelas yang terpilih adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen II, masing-masing berjumlah 32 siswa. Instrument yang digunakan terdiri dari:(1) tes kemampuan pemecahan masalah dan (2) tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (3) terdapat interaksi antara pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah, dan (4) terdapat interaksi antara pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis.