PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA KELAS VII SMPN 1 SIDAMANIK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model problem based learning berbantuan macromedia flash terhadap kemampuan representasi matematis siswa, (2) pengaruh model problem based learning berbantuan macromedia flash terhadap self-confidence siswa, (3) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan representasi matematis siswa, dan (4) interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematika terhadap self-confidence siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMPN 1 Sidamanik yang berjumlah 323 siswa. Sampel penelitian ini adalah. Kelas VII-A sebagai kelas eksperimen (36 siswa) dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol (36 siswa). Instrumen yang digunakan terdiri dari tes KAM, tes kemampuan representasi matematis dan angket self-confidence siswa. Analisis yang dilakukan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning berbantuan macromedia flash terhadap kemampuan representasi matematis siswa, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan model problem based learning berbantuan macromedia flash terhadap self-confidence siswa, (3) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan KAM terhadap kemampuan representasi matematis siswa, dan (4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan KAM terhadap self-confidence siswa.