Daftar Isi:
  • Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendidikan matematika realistik bernuansa etnomatematik ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Kevalidan, kepraktisan, keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 2) Mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) , menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Produk yang dihasilkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, buku siswa, lembar aktivitas siswa dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-4 dan VII-5 SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Dari hasil uji coba lapangan I dan uji coba lapangan II diperoleh : 1) Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid, praktis, sebesar 72,73% dan efektif sebesar 86,7%, 2) Terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diperoleh dari peningkatan rata-rata setiap indikator sebesar 0,53 yang artinya berada dalam kategori sedang.