PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMA NEGERI 1 SURO KABUPATEN ACEH SINGKIL
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) melalui Supervisi Klinis di SMA Negeri 1 Suro Kabupaten Aceh Singkil. Subjek penelitian ini adalah guru–guru rumpun Ilmu Sosial pada SMA Negeri 1 Suro Kabupaten Aceh Singkil yang berjumlah 5 orang guru dengan kriteria guru mata pelajaran ekonomi, geografi, sejarah, dan sosiologi. Subjek ditentukan dengan cara purposive. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah pedoman wawancara dan daftar cocok dengan jumlah butir sebanyak 33. Sedangkan untuk mengamati kegiatan supervisi klinis digunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah dengan dua siklus. Hasil penelitian adalah penilaian kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) setelah dilakukan supervisi klinis pada siklus I tergolong dalam kategori kurang dengan nilai 72,2 dan pada siklus II tergolong dalam kategori baik dengan nilai 86,2 . Penilaian kegiatan supervisi klinis pada siklus I tergolong sangat baik dengan nilai 95,2 dan pada siklus II juga tergolong dalam kategori sangat baik dengan nilai 97,4. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMA Negeri 1 Suro Kabupaten Aceh Singkil. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada supervisor yaitu pelaksanaan supervisi klinis dalam upaya membantu guru menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).