PENGARUH PERSEPSI GURU TENTANG KOMUNIKASI PERSUASIF KEPALA SEKOLAH, AKTUALISASI DIRI, DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP DI KECAMATAN LABUHAN DELI KABUPATEN DELI SERDANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Persepsi Guru Tentang Komunikasi Persuasif Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru; (2) pengaruh Aktualisasi Diri terhadap Kepuasan Kerja Guru; (3) pengaruh Persepsi Guru Tentang Komunikasi Persuasif Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru; (4) pengaruh Aktualisasi Diri terhadap Kinerja Guru; dan (5) pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru. Subjek penelitian adalah guru SMP di Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang dengan jumlah sampel sebanyak 148 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportionate simple random sampling. Metode penelitian bersifat analisis jalur yang bertujuan untuk menguji teori dan memperoleh informasi tentang penelitian. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat pengaruh langsung positif Persepsi Guru Tentang Komunikasi Persuasif Kepala Sekolah dengan Kepuasan Kerja Guru sebesar 0,378; (2) terdapat pengaruh langsung positif Aktualisasi Diri dengan Kepuasan Kerja Guru sebesar 0,261; (3) terdapat pengaruh langsung positif Persepsi Guru Tentang Komunikasi Persuasif Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru sebesar 0,345; (4) terdapat pengaruh langsung positif Aktualisasi Diri dengan Kinerja Guru sebesar 0,220; dan (5) terdapat pengaruh langsung positif Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru sebesar 0,328. Hasil penelitian memberikan gambaran Persepsi Guru Tentang Komunikasi Persuasif Kepala Sekolah, Aktualisasi Diri, dan Kepuasan Kerja mempengaruhi Kinerja Guru berturut-turut 14,29%, 6,81%, 11,90%, 4,28%, dan 10,76% sisanya ditentukan keadaan lain.