PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 30 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Validitas, kepraktisan, dan efektifitas media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash yang dikembangkan ; 2) Peningkatan kemampuan spasial siswa dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash yang dikembangkan ; 3) Peningkatan motivasi belajar matematika siswa dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap mengujicobakan media pembelajaran matematika berbantuan macromedia flash yang dikembangkan di kelas VIII-1 dan VIII-6 SMP Negeri 30 Medan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh : 1) Validitas media pembelajaran yang dikembangkan valid, kepraktisan media pembelajaran telah memenuhi kriteria praktis ditinjau dari : a) Kevalidan media pembelajaran menurut para ahli; b) Angket uji kepraktisan media pembelajaran matematika yang dikembangkan tergolong dalam kategori praktis dengan nilai uji kepraktisan minimal 76% dan keefektifan media pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari : a) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) Respon siswa terhadap media pembelajaran matematika positif; c) Penggunaan waktu ideal. 2) Terjadi peningkatan kemampuan spasial siswa pada uji coba I yaitu 68,89 meningkat menjadi 73,61 pada uji coba II; dan 3) Terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa pada uji coba I yaitu 119,3 meningkat menjadi 122 pada uji coba II.