PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP DAN ANIMASI KOMPUTER TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STOIKIOMETRI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning menggunakan media peta konsep dan animasi komputer terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi stoikiometri. Jenis penelitian ini adalah true experimental design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling yakni kelas eksperimen I diajarkan dengan model PBL menggunakan media peta konsep dan kelas eksperimen II diajarkan dengan model PBL menggunakan media animasi komputer. Kedua kelas sampel diberikan pretest, angket motivasi awal, perlakuan, angket motivasi akhir, dan posttest. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dan instrumen non-tes dalam bentuk angket motivasi. Data peningkatan hasil belajar siswa dari kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen dimana hasil uji t-test dua pihak diperoleh thit = 2,65 di SMAN 1 Tarutung, thit = -3,32 di SMAS St. Maria Tarutung, thit = -5,68, sehingga Ha diterima yang berarti ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa. Data peningkatan motivasi belajar siswa dari kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen dimana hasil uji t-test dua pihak diperoleh thit = 2,58 di SMAN 1 Tarutung, thit = -2,76 di SMAS St. Maria Tarutung, thit = 2,5, sehingga Ha diterima yang berarti ada perbedaan peningkatan motivasi belajar siswa. Data hubungan antara peningkatan motivasi belajar siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa di SMAN 1 Tarutung pada kelas eksperimen I rhit = 0,074 dan kelas eksperimen II rhit = -0,15; SMAS St. Maria Tarutung pada kelas eksperimen I rhit = -0,24 dan pada kelas eksperimen II rhit = 0,15; dan di SMAS HKBP 2 Tarutung kelas eksperimen I rhit = -0,1 dan kelas eksperimen II rhit = 0,14 sehingga Ha ditolak yang berarti tidak terdapat korelasi yang signifikan antara peningkatan motivasi dengan peningkatan hasil belajar kimia siswa.