Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan minat dan hasil belajar siswa, melalui pembelajaran Guided Discovery Learning dengan menggunakan media Peta Konsep dan Macromedia Flash, pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di Kelas XI-IA SMA Katolik Asisi Pematangsiantar. Sampel penelitian diambil secara total sampling sebanyak dua kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan Pretest-Postest Control Group Design. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan non tes (angket). Teknik analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji gain, uji hipotesis (uji t dua pihak), uji korelasi dan penilaian instrumen non tes. Data yang digunakan sudah melalaui tahap normalitas dan homogenitas. Persentase Gain untuk kelas Eksperimen I adalah 72,05% dan kelas Eksperimen II adalah 80,14%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning menggunakan Peta Konsep dan Macromedia Flash, hal ini dibuktikan t-hitung = 2.333 > t-tabel 2.016, (2) Ada perbedaan peningkatan minat belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Guided Discovery Learning menggunakan Peta Konsep dan Macromedia Flash, diperoleh t-hitung = 2.692 > t-tabel 2.016, (3) Ada korelasi positif antara hasil terhadap minat belajar di kelas eksperimen I, diperoleh rhitung = 0.842 > rtabel = 0.413 dan ada korelasi positif antara hasil terhadap minat belajar di kelas eksperimen II, dengan rhitung = 0.794 > rtabel = 0.404.