PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran pada model PBL (Problem Based Learning) dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam, juga interaksi antara media pembelajaran pada model PBL dan kreativitas. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI IPA SMA N 1 Sunggal T. A. 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Sunggal yang terdiri dari 6 kelas. Sampel ditetapkan dengan purposive sampling yakni mengambil 2 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Jenis penelitian ini adalah jenis ekperimen dengan rancangan factorial 2 x 2. Pengambilan data hasil belajar siswa diperoleh dengan tes hasil belajar yang menggunakan instrumen yang valid sebanyak 25 soal dan reliabel (0,929). Data untuk kreativitas siswa diperoleh menggunakan instrumen angket kreativitas yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh media pembelajaran pada model PBL terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi hidrolisis garam dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 13,207 > 4,01, terdapat pengaruh kreativitas tinggi dan kreativitas rendah terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi hidrolisis garam dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 13,723 > 4,01, dan terdapat interaksi antara media pembelajaran dan kreativitas terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi hidrolisis garam dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 10,248 > 4,01.