PERBANDINGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI DEMONSTRASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATERI KONSEP REDOKS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran (Problem Based Learning) PBL disertai demonstrasi dan model pembelajaran PBL dengan media audio visual video pembelajaran pada materi pokok bahasan Konsep Redoks. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA SMAN-1 Lubuk Pakam sejumlah 6 kelas. Sampel diambil dari populasi secara proposive sampling sebanyak 2 kelas . Kelas X MIA 2 sebagai kelas eksprimen I dan MIA 6 kelas eksperimen II. Sampel eksperimen I dan II masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen test yang digunakan berupa tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah valid dan reable dengan t hit. = 2,35 dan ttab. = 2,0021 pada α = 0,05 dan db = 58; diperoleh daerah kritis pada : t < -2,0021 dan t > 2,002. Di kedua kelas diberikan perlakuan yang sama pre- test dan post-test. Uji normalitas dan homogenitas kedua kelompok sampel diperoleh kelompok sampel yang homogen dan terdistribusi normal. Hasil rata-rata pre-test dan post-test kelompok eksperiment I dan II berturut-turut : kelas eksperimen I : 21,00 dan 79.50; kelas eksperimen II : 28,50 dan 75,67. Perbandingan hasil belajar siswa dilihat dari nilai peningkatan hasil belajar (gaint). Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia siswa dengan model pembelajaran PBL disertai demonstrasi dan model pembelajaran PBL disertai media audio visual pada pokok bahasan Konsep Redoks memiliki perbedaan dengan gaint 8 %.