PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DILENGKAPI MEDIA LKIS DAN MEDIA HAND OUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI KOLOID KELAS XI SMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Pem belajar-an Contextual Teaching And Learning (CTL) Dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Handout (Ho) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa pada Materi Koloid kelas XI SMA. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN Lubuk Pakam yang berjumlah 5 kelas. Sampel penelitian adalah dua kelas yang diambil dengan teknik acak (random sampling) yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model CTL dilengkapi LKS praktikum dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model ctl dilengkapi media Handout. Instrumen penelitian adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah diuji validitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas. Data yang diperoleh dengan analisis uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (23,08 > 1,667), berarti Ho ditolak dan Ha diterima yaitu penerapan model CTL dilengkapi media LKS terintegrasi praktikum berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Koloid. Rata-rata gain hasil belajar kelas eksperimen 83,6% ± 0,076 dan kelas kontrol 38,9% ± 0,081.