PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS PENGALAMAN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI UNGGUL ACEH TIMUR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hasil pengembangan bahan ajar menulis teks eksplanasi berbasis pengalaman pada siswa kelas XI SMA Negeri Unggul Aceh Timur. Bahan ajar yang dikembangkan berbentuk modul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R & D) dirujuk pada model Borg & Gall yang dikemukakan oleh Wina Sanjaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 89,84% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 88,46% pada kriteria sangat baik, dan penilaian bahasa dengan rata-rata 90,38% pada kriteria sangat baik, (2) validasi ahli desain dengan rata-rata 92,08% pada kriteria sangat baik, (3) respon guru dengan rata-rata 89,17% pada kriteria sangat baik, (4) uji coba perorangan dengan rata-rata 76,39% pada kriteria baik, (5) uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 81,94% pada kriteria sangat baik, dan (6) uji lapangan terbatas dengan rata-rata 92,77% pada kriteria sangat baik. Hasil belajar tes menulis teks eksplanasi siswa sebelum menggunakan modul sebesar 77,66, sedangkan hasil belajar tes menulis teks eksplanasi siswa sesudah menggunakan modul meningkat sebesar 90,15. Selisih yang diperoleh sebesar 12,49 dari sebelum ke sesudah menggunakan modul. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar menulis teks eksplanasi yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis pengalaman. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu siswa dapat lebih mudah mengembangkan ide berdasarkan pengalaman dalam kegiatan menulis teks eksplanasi. Guru-guru Bahasa Indonesia memberikan respon baik terhadap bahan ajar berbentuk modul yang dikembangkan, sehingga modul dapat digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. Modul yang telah dikembangkan dapat menjadi masukan dan perbandingan dalam melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan kurikulum khususnya kurikulum 2013 sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap tujuan lembaga maupun tujuan pendidikan nasional.