Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk membantu guru ekonomi dalam menyusun RPP model kooperatif tipe make a match dan meningkatkan kemampuan guru ekonomi menerapkan model pembelajaran kooperatif Tipe make a matcth melalui supervisi klinis di SMA Negeri Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. Penelitian ini dilaksanakan di dua sekolah yaitu di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Sidikalang Kabupaten Dairi. Subjek Penelitian ini adalah guru ekonomi sebanyak 5 (lima) orang, yang terdiri atas 3 (tiga) orang guru ekonomi di SMA Negeri 1 Sidikalang dan 2 (dua) orang guru di SMA Negeri 2 Sidikalang. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah kemampuan guru ekonomi menerapkan model pembelajaran make a match dengan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Dimana setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi atau tahap balikan. Pada siklus pertama rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP sebesar 82.08 dengan kategori baik dan pada siklus kedua meningkat menjadi 91.25 dengan kategori amat baik, dan rata-rata nilai yang diperoleh guru ekonomi dalam penerapan model pembelajaran make a match pada siklus pertamasebesar 70.40 dengan kategori cukup dan pada siklus II mencapai peningkatan yaitu 90.40 dengan kategori amat baik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru Ekonomi menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match di SMA Negeri Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi