PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 18 BANDA ACEH
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh metode pembelajaran discovery terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) Pengaruh motivasi terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) Interaksi antara metode pembelajaran discovery dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 18 Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara total sampling sebanyak dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan metode pembelajaran discovery dan kelas control diberi perlakuan metode pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar matematika dalam bentuk soal uraian sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Dari hasil dari penelitian ini diperoleh rerata hasil belajar yang diajarkan metode pembelajaran discovery yaitu 82,22 sedangkan rerata hasil belajar yang diajarkan metode pembelajaran ekspositori yaitu 70,15. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran discovery lebih tinggi dari siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran Ekspositori, hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dan ada interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa dalam mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.