Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar Pecahan siswa yang diajarkan dengan model Think Pair Shared dan Numbered Head Together, (2) Perbedaan hasil belajar pecahan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal tinggi dengan siswa yang memiliki kecerdasan interpersonal rendah, dan (3) Interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 1 Samalanga. Populasi seluruh siswa kelas IV dengan sampel total sampling. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Exsperimental Design dengan faktorial 2 x 2. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pecahan berupa essay dan tes kecerdasan kecerdasan interpersonal. Analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pecahan siswa yang diajarkan dengan model Think Pair Shared berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik daripada model Numbered Head Together, kecerdasan interpersonal tinggi siswa berbeda dan menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kecerdasan interpersonal rendah, serta tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar pecahan.