Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar IPS berbasis peninggalan sejarah lokal Simalungun yang layak untuk digunakan dan dapat meningkatkan efektifitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi “Peninggalan Sejarah”. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan di Kelas IV SD Negeri No. 091317 Pamatang Raya, SD Negeri No.091341 Bintang Mariah, SD Negeri No. 091332 Raya Bayu, dan SD Negeri No. 095160 Sihubu. Penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan Sugiyono yang dalam pelaksanaannya meneliti dan menguji untuk mengembangkan produk yang telah ada. Sampel dalam penelitian dan pengembangan ini adalah kelas IV SD, berjumlah 102 orang siswa. Buku ajar yang dikembangkan sebelum diuji coba telah memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan penilaian 3 orang validasi ahli, 3 orang tokoh, dan 5 orang praktisi. Hasil Validasi ahli materi (94,44% = sangat baik), ahli bahasa (95,31% = sangat baik), ahli penyajian (98,86% = sangat baik). Hasil validasi tokoh (95%, 92,5%, dan 97,5% = sangat baik), dan hasil validasi praktisi sebagai pelaksana pembelajaran di lokasi penelitian (92,5%; 95%; 90%; 92,5%; 97,5% = sangat baik). Buku ajar efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa, berdasarkan hasil uji coba pre-test dan post-test. Dari uji coba yang dilakukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dan memenuhi ketuntasan minimal sebanyak 90 orang siswa atau 88,24% tuntas belajar. Penilaian hasil belajar siswa berdasarkan pre-test dan post-test dianalisis menggunakan N-Gain. Berdasarkan data diperoleh nilai rata-rata Gain sebesar 0,7 dalam kriteria tinggi.