PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis Inkuiri terbimbing yang memenuhi kriteria LKS yang baik dan layak digunakan, mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa yang menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing, dan mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing. Pegembangan ini mengaju pada model penelitian dan pengembangan (R&D) dari Borg and Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Bintang Laut Telukdalam tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diambil satu kelas secara simple random sampling yang terdiri dari 28 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah berbentuk tes uraian dan angket. Analisis data menggunakan uji N gain. Hasil penelitian menunjukkan:1) LKS yang dikembangkan memiliki kriteria “sangat baik” dan layak digunakan, 2) adanya peningkatan aktivitas belajar dengan rata-rata 79.98%, 3) adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan indeks Gain sebesar 0,7 dengan kriteria tinggi.