PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF EFFICACY SISWA SMP NEGERI 30 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis peningkatan kemampuan spasial menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, (2) Menganalisis peningkatan Self Efficacy siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan (3) Menemukan perangkat pembelajaran yang efektif berbasis pendekatan realistik berbantuan media PowerPoint. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Instrument penelitian ini adalah RPP, Buku Guru, Buku Siswa, LKS, Tes Kemampuan Spasial dan Angket Self Efficacy. Uji coba I dilakukan pada siswa kelas VIII-II dan uji coba II di kelas VIII-V SMP Negeri 30 Medan. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa : (1) Adanya peningkatan kemampuan spasial menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan; (2) Adanya peningkatan self efficacy siswa menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan; dan (3) Perangkat pembelajaran memenuhi keefektifan, efektivitas ditinjau dari: a) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) Ketercapaian tujuan pembelajaran; c) Waktu pembelajaran dan d) Respon siswa.