PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI SUPERVISI DENGAN PENDEKATAN LESSON STUDY DI SMK NEGERI 1 NAGAN RAYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru produktif dalam menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif melalui supervisi dengan pendekatan lesson study di SMK Negeri 1 Nagan Raya. Waktu penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan dari bulan Mei sampai bulan Juli tahun 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang guru produktif SMK dan satu orang pengawas sekolah. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Peneliti menggunakan model penelitian Kemmis & Mc. Taggart yang dirancang dengan proses siklus. Hasil yang dapat diambil yaitu berdasarkan hasil pada siklus I diperoleh 4 orang guru (65%) yang menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif berkategori cukup terampil, 2 orang guru (35%) yang menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif sudah mencapai kategori baik atau terampil. Nilai rata-rata kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif adalah 77,34 % (cukup). Sedangkan hasil pada siklus II, diperoleh sebesar 6 orang guru (100%) yang menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif dengan kategori baik (terampil). Nilai rata-rata kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif adalah 84,11 % (baik). Dengan demikian penerapan supervisi dengan pendekatan lesson study dapat meningkatkan kemampuan guru produktif dalam menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif di SMK Negeri 1 Nagan Raya yang dibuktikan dengan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II.