PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 TINADA KABUPATEN PAKPAK BHARAT T.P 2017/2018
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah “rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tinada T.P 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tinada. Subjek penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tinada T.P 2016/2017 yang berjumlah 28 orang siswa. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan data kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 1 orang siswa (3,57%) tergolong tidak aktif, 4 orang siswa (14,28%) tergolong kurang aktif, 8 orang siswa (28,57%) tergolong cukup aktif, 13 orang siswa (46,42%) tergolong aktif, 2 orang siswa (7,14%) tergolong sangat aktif, dan keaktifan klasikalnya yaitu 15 orang siswa (53,57%). Sedangkan pada siklus II yaitu 0 orang siswa (0,0%) tergolong tidak aktif, 2 orang siswa (7,14%) tergolong kurang aktif, 4 orang siswa (14,28%) tergolong cukup aktif, 18 orang siswa (64,28%) tergolong aktif, 4 orang siswa (14,28%) tergolong sangat aktif, dan keaktifan klasikalnya yaitu 22 orang siswa (78,57%). Ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 15 siswa (53,57%) dengan nilai rata-rata 74,82. Sedangkan pada siklus II terdapat 24 siswa (85,71%) dengan nilai ratas-rata 90,89. Dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Tinada T.P 2016/2017