Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IIS MAN Panyabungan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Model Pembelajaran Exlpicit Instruction dengan Strategi Pembelajaran Think Talk Write dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Metode Konvensional terhadap siswa kelas XI IIS MAN Panyabungan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Panyabungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS MAN Panyabungan berjumlah 105 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IIS1 (Eksperimen ) yang berjumlah 30 orang dan XI IIS2 (Kontrol ) yang berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai rata-rata, standar deviasi, normalitas dan homogenitas. Dari hasil analisa data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen Explicit Instruction dengan Strategi Pembelajaran Think Talk Write 82,5 dengan standar deviasi 9,26 dan nilai rata-rata kelas Kontrol 76,33 dengan standar deviasi 9,09. Untuk mengetahui normalitas data hasil belajar menggunakan uji Liliefors, dan untuk mengetahui homogenitasnya menggunakan uji F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak. Dari perhitungan data, hipotesis yang diperoleh thitung= 4,293 dan ttabel = 1,671. Hasil perhitungan hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 2,691>1,671 dengan kata lain Ha diterima dan H0 di tolak artinya hasil belajar akuntansi pada materi pokok “Jurnal Umum” yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction dengan strategi pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada kelas XI IIS MAN Panyabungan Tahun Pembelajaran 2017/2018.