PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2017/2018
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 114 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 38 siswa sehingga jumlah populasi adalah 76 siswa, dari jumlah populasi 76 siswa diambil sampel dengan tekhnik Simple Random Sampling yaitu masing-masng kelas 35 siswa. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar akuntansi digunakan tes. Tes tersebut berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching (awalnya X = 60,2857 dan S = 13,3363 menjadi X = 83,1429 dan S = 9,7834) lebih tinggi dari nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional (awalnya X = 59,2857 dan S = 12,8420 menjadi X = 74,5714 dan S = 9,5772). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0,05 dengan dk = n1 + n2 – 2 diperoleh thitung > ttabel (3,7038 > 1,6687), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.