Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar ekonomi yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan kolaborasi model pembelajaran Team Assisted Individualization dan Talking Stick dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model konvensional di kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan, Jalan Pertiwi No. 93 Medan Tembung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS, yang berjumlah 143 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel berjumlah 60 orang. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada taraf signifikan ɑ = 0,05 dan derajat kepercayaan dk = (n1 + n2) – 2 = (30+30) -2 = 58, diperoleh thitung = 5,827. Sedangkan ttabel = 1,670 sehingga thitung>ttabel yakni 5,827>1,670. Hasil ini menunjukkan bahwa Hipotesis Ha diterima. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan hasil belajar ekonomi yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan kolaborasi model pembelajaran Team Assisted Individualization dan Talking Stick dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model konvensional di kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.