Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, pengaruh langsung konsep diri terhadap minat menjadi guru. Kedua, pengaruh langsung literasi ekonomi terhadap minat menjadi guru. Ketiga, pengaruh tidak langsung konsep diri terhadap minat menjadi guru melalui PPLT. Dan keempat, pengaruh tidak langsung literasi ekonomi terhadap minat menjadi guru melalui PPLT. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi yang berjumlah 166 mahasiswa dengan 52 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi, angket, dan tes. Setiap angket dan tes berisi 25 pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan bantuan SPSS 20. Hasil dari penelitian ini yaitu : X3 = 7,002 + 0,367X1 + 0,507X2 + 0,551 dan Y = 2,499 + 0,005X1 + 0,007X2 + 0,003X3 + 0,261. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa: Pertama, ada pengaruh langsung yang positif signifikan antara konsep diri terhadap minat menjadi guru dengan nilai koefisien jalur 0,005. Kedua, ada pengaruh langsung yang positif dan signifikan antara literasi ekonomi terhadap minat menjadi guru dengan nilai koefisien jalur 0,007. Ketiga, ada pengaruh tidak lansung yang positif dan signifikan antara konsep diri terhadap minat menjadi guru melalui PPLT dengan nilai koefisien jalur 0,0011. Keempat, ada pengaruh tidak lansung yang positif dan signifikan antara literasi ekonomi terhadap minat menjadi guru melalui PPLT dengan nilai koefisien jalur 0,00152. Masing-masing pengaruh langsung memiliki nilai yang lebih besar daripada pengaruh tidak langsungnya. Koefisien determinasi (R2) dari konsep diri, literasi ekonomi, dan PPLT terhadap minat menjadi guru adalah 0,932 atau 93,2%.