Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan berfikir logis dan peran orang tua terhadap prestasi belajar strategi pemasaran siswa kelas X PM SMK Swasta YPK Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta YPK Medan yang beralamat di Jl. Sakti Lubis, GG Pegawai No. 8 Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X PM yang berjumlah 40 orang. Sampel penelitian ini adalah 40 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan angket. Untuk uji instrument peneliti menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Untuk menganalisis data penulis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, persamaan regresi berganda dan untuk menguji hipotesis dengan rumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi ( ). Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis secara linear Hasil analisis uji t untuk variabel kemampuan berfikir logis (X1) diperoleh nilai > (2,292 > 1,685) Dengan demikian, maka hipotesis pertama diterima yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan kemampuan berpikir logis (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y). Untuk variabel peran orang tua (X2) diperoleh nilai (4,138> 1,685), dengan demikian, maka hipotesis kedua diterima yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara peran orang tua (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y). Berdasarkan uji f diperoleh bahwa (73,859 > 2,85). Dengan demikian, maka hipotesis ketiga diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir logis dan peran orang tua terhadap prestasi belajar strategi pemasaran siswa kelas X PM SMK Swasta YPK Medan T.A 2016/2017