PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS X SMK NEGERI 13 MEDAN T.P 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan siswa dikelas X SMK Negeri 13 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kewirausahaan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi dibanding hasil belajar kewirausahaan yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Direct Instruction pada siswa kelas X SMK Negeri 13 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 13 Medan yang beralamat di Jalan Seruwai, Sei Mati, Medan Labuhan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X PM terdiri dari 32 siswa dan X AK 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Total Sampling yaitu dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas X PM sebagai kelas eksperimen dan kelas X AK sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 32 siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal dengan 4 pilihan option. Dimana sebelumnya, soal telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reabilitas, daya beda, dang tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α=0,05, maka hipotesis diterima. Dari hasil analisis data, nilai rata-rata postest kelas eksperimen adalah 81,09 dan kelas kontrol nilai rata-rata hasil belajar siswa 65. Hasil uji thitung adalah 7,878 sedangkan ttabel = 1,994 dengan thitung> ttabel (7,878 > 1,994) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kewirausahaan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry lebih tinggi dibanding hasil belajar kewirausahaan yang diajar dengan model pembelajaran Direct Instruction pada siswa kelas X Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017