PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMAN 14 MEDAN T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation menggunakan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Dinamis di kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-5 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang sudah divalidasi dan lembar penilaian aktivitias belajar siswa. Uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes untuk kelas eksperimen 33,57 dan nilai pretes rata-rata kelas kontrol 33,00. Rata-rata postes untuk kelas eksperimen 81,43 dan kelas kontrol 74,57. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I = 63,80, pertemuan II = 69,21, pertemuan III = 78,10 dan pertemuan IV = 83,93 sehingga diperoleh rata-rata keseluruhannya adalah sebesar 73,76 dengan kategori sangat aktif. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak α = 0,05 dan dk = 68 diperoleh thitung > ttabel atau 4,32 > 1,67 maka hipotesis nol (Ho) ditolak maka (Ha) diterima. Dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation menggunakan media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Dinamis kelas XI SMA N 14 Medan