Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran dengan perlakuan penggunaan Smartphone terhadap hasil belajar siswa pada materi kingdom animalia di kelas X SMA Asy-Syafi’iyah Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Untuk memperoleh data hasil belajar digunakan instrumen tes berupa pilihan berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Asy-Syafi’iyah Medan yang terdiri atas 2 kelas dan berjumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara total sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X1 yang berjumlah 30 orang dan X2 yang berjumlah 30 orang, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang. Kelas X1 diajar menggunakan penggunaan Smartphone dalam pembelajaran dan kelas X2 diajar dengan metode konvensional. Pengaruh penguasaan konsep dan sikap ilmiah siswa diuji menggunakan uji t (dua pihak) dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung hasil belajar = 3,003 dan tidak terletak antara ttabel = 1,672 sehingga H0 ditolak sekaligus menerima Ha. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Smartphone sebagai media terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi kingdom animalia di SMA Asy-Syafi’iyah Medan tahun pembelajaran 2016/2017