PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN POWER POINT PADA MATERI POKOK SISTEM REPRODUKSI MANUSIA TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 10 MEDAN T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan powerpoint pada materi pokok sistem reproduksi manusia terhadap keaktifan siswa dan hsil belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 10 Medan T.A 2016/2017. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 10 Medan T.A 2016/2017, yaitu sebanyak 126 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sampel diambil secara acak (random sampling) sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model ceramah yang diterapkan di SMA Negeri 10 Medan dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis masalah, masing-masing berjumlah 42 orang siswa. Sehingga jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 84 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah adalah 90,36 sedangkan hasil belajar siswa dikelas kontrol yang diajarkan menggunakan metode ceramah adalah 72,16. Keaktifan siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah adalah 70% dengan kategori aktif sedangkan keaktifan siswa pada kelas kontrol adalah 41% dengan kategori cukup aktif. Pada hasil penelitian juga didapat bahwa kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan daya pemikiran kritis siswa dengan menyelesaikan masalah, hal ini dibuktikan dengan persen yang diperoleh siswa adalah 85% dengan kategori sangat baik. Adanya pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana kriteria pengujian adalah terima H0 jika kelas kontrol = kelas eksperiman (ttabel > thitung) sedangkan Ha diterima jika kelas kontrol ≠ kelas eksperimen (thitung .> ttabel). Pada hasil penelitian didapatkan bahwa thitung = 6,37 dan ttabel = 1,98. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Power Point Pada Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia Terhadap Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 10 Medan T.A 2016/2017.