Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dan sikap siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada materi sistem ekskresi manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2107 yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak (random sampling) dengan jumlah siswa sebanyak 80 orang. Kelas XI IPA 2 merupakan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan jumlah siswa 40 orang sedangkan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dengan jumlah siswa 40 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Berdasarkan nilai rata-rata terlihat adanya pengaruh hasil belajar dan sikap siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dimana nilai postest kelas siswa pada kelas eksperimen sebesar 83,15 dan SD sebesar 6,14. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol sebesar 78,35 dengan SD sebesar 6,09. Adanya pengaruh hasil belajar tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05, dimana thitung > ttab (3,524> 2,006), yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai rata-rata sikap siswa pada kelas eksperimen yaitu 64,75% dan kelas kontrol 58,75% sehingga kedua kelas tersebut mendapat predikat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap hasil belajar dan sikap siswa pada materi Sistem Ekskresi Manusia di kelas XI IPA SMA Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.