Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa, (2) Mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan yang berjumlah 30 siswa. Objek penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan model pembelajaran Think-Talk-Write pada pokok bahasan kubus dan balok di kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Upaya yang dilakukan agar penelitian ini berhasil salah satunya yaitu menerapkan model kooperatif model kooperatif tipe Think-Talk-Write. Dari hasil tes awal diperoleh rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa 45,83 dengan presentase siswa yang telah mencapai KKM sebesar 26,67% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa meningkat menjadi 61,70 dengan presentase siswa yang mencapai KKM sebesar 40% dari jumlah siswa. Setelah pemberian tindakan pada siklus II, rata-rata kemampuan komunikasi matematik meningkat menjadi 75 dengan presentase ssiwa yang mencapai KKM sebesar 86,67% dari jumlah siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VIII SMP Swasta Gajah Mada Medan sehingga pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write dapat dijadikan salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa.