Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 13 Medan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) dengan Peta Konsep pada sub materi Sistem Ekskresi Pada Manusia subjek penelitian adalah seluruh kelas XI IPA 6 SMA Negeri 13 Medan tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam dua siklus. Adapun yang menjadi indikator keberhasilan penelitian meliputi: Ketuntasan belajar, persentasi peningkatan hasil belajar siswa, dan kemampuan siswa dalam membuat peta konsep. Instrumen yang digunakan adalah test pilihan berganda sebanyak 30 soal. Hasil rata-rata pretest siswa adalah 61,6, hasil rata-rata nilai post-tes I siswa adalah 68,14, dan hasil rata-rata nilai post-tes II siswa adalah 87,21. Ketuntasan klasikal belajar siswa pada siklus I adalah 56,75% (17 orang yang tuntas), hal ini belum mencapai 85% dari hasil belajar siswa. Ketuntasan hasil belajar pada siklus II sebesar 93%(34 orang yang tuntas). Persentasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70,83% dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 84,72%. Hasil penelitian membuktikan bahwa kombinasi model pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) dengan Peta Konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA 6 SMA Negeri 13 Medan .