PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN HASIL PENGUKURAN LISTRIK PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK YPT PANGKALAN BERANDAN T.A 2016 2017

Main Author: Hasibuan, Achmad Fauzi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/26684/3/01.%20NIM%205123331001%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26684/5/02.%20NIM%205123331001%20APPROVAL%20SHEETS.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26684/6/03.%20NIM%205123331001%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26684/7/04.%20NIM%205123331001%20FOREWORD.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26684/8/05.%20NIM%205123331001%20TABLE%20OF%20CONTENS.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26684/9/06.%20NIM%205123331001%20LIST%20OF%20TABLE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26684/10/07.%20NIM%205123331001%20LIST%20OF%20FIGURE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26684/5/08.%20NIM%205123331001%20APPENDIX%20LIST.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26684/2/09.%20NIM%205123331001%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26684/1/13.%20NIM%205123331001%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26684/4/14.%20NIM%205123331001%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/26684/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar menggunakan hasil pengukuran listrik pada siswa kelas X teknik instalasi tenaga listrik SMK YPT Pangkalan Berandan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMK YPT Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan mengambil 2 kelas, yaitu kelas X TITL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TITL 2 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas berjumlah 30 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal 30 butir. Hasil pengujian pretest sebelum diberi perlakuan yang berbeda, yaitu skor rata-rata di kelas eksperimen (47) dengan standar deviasi 8,50 dan skor rata-rata di kelas kontrol (44,45) dengan standar deviasi 7,75. Pada pengujian data pretest kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen yang berarti memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberi perlakuan yaitu kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dan kelas kontrol diajar dengan pembelajaran menggunakan model konvensional. Setelah pembelajaran selesai diberikan posttest, diperoleh nilai posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (88,78) dengan standar deviasi 4,06 dan kelas kontrol (81,55) dengan standar deviasi 4,17. Dari hasil pengolahan data posttest diperoleh bahwa thitung = 6,40 dan ttabel = 1,67. Sehingga thitung > ttabel. Sehingga Ha diterima yaitu Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw memberikan hasil belajar pada pelajaran menggunakan hasil pengukuran listrik yang lebih tinggi daripada pembelajaran menggunakan model konvensional pada siswa kelas X TITL SMK YPT Pangkalan Berandan.