Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) validitas dan efektivitas modul matematika berbasis strategi metakognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. (2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan modul. Penelitian ini pengembangan dengan modifikasi model 4-D oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel melalui tahap define, design, develop dan disseminate. Untuk tahap disseminate tidak dibahas secara mendalam hanya secara terbatas di sekolah penelitian. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X-4 SMA N 5 Padangsidimpuan pada uji coba 1 sebanyak 30 peserta didik dan peserta didik kelas X-MIA3 MAN 1 Medan pada uji coba 2 sebanyak 28 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan yakni pada uji coba 1 bahan ajar berupa modul, RPP, LKS memenuhi kriteria valid serta instrumen dengan sedikit revisi. Bahan ajar efektif pada uji coba 1 dan 2 ditinjau berdasarkan aktivitas aktif peserta didik berada pada interval toleransi waktu dengan persentasi terbesar adalah aktivitas mengungkapkan alasan. Nilai kemampuan pendidik uji coba 1 dan 2 masing-masing 3,16 dan 3,19 dengan kriteria cukup baik. Respon positif peserta didik terhadap komponen dan proses pembelajaran pada uji coba 1 dan 2 masing-masing 93,83% dan 98,03% juga memenuhi kriteria efektif. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik ditinjau dari nilai postes uji coba 1 dan 2 untuk setiap indikator. Peningkatan juga terjadi pada indikator keaslian dan kerincian.